Polda Jatim Ajak Civitas Akademika Selamatkan Generasi Emas dari Bahaya Narkoba

Polda Jatim Ajak Civitas Akademika Selamatkan Generasi Emas dari Bahaya Narkoba

Polda Jatim Ajak Civitas Akademika Selamatkan Generasi Emas dari Bahaya Narkoba


Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mengajak civitas akademika, termasuk Kepala Dinas Pendidikan, dosen, guru, aparatur keamanan serta ribuan mahasiswa dan pelajar dari Sidoarjo, Malang Kabupaten/Kota, Batu, Blitar Kabupaten/Kota, Pasuruan Kabupaten/Kota, Mojokerto Kabupaten/Kota, Jombang dan Nganjuk untuk mencegah dan menangkal bahaya narkoba.


Kegiatan yang dikemas dalam Road Show Generasi Emas Produktif Tanpa Narkoba oleh Polda Jatim tersebut, diadakan di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Rabu (31/7/2024). Road show ini terselenggara atas inisiasi Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Binmas), Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes), Bidang Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jatim serta BNN Jawa Timur.


Road Show Generasi Emas Produktif Tanpa Narkoba di Umsida dihadiri Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Imam Sugianto, Dirnarkoba Polda Jawa Timur Kombes. Pol. Robert Da Costa, pejabat utama Polda Jawa Timur, Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing dan beberapa kapolres jajaran Polda Jawa Timur, Rektor Umsida Dr. Hidayatulloh M.Si., pimpinan stake holder terkait serta tokoh masyarakat.


Kapolda Jatim Irjen. Pol. Imam Sugianto menjelaskan, peran kepolisian bersama stake holder terkait termasuk para civitas akademika dinilai penting untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. 


Menurutnya, yang kerap menjadi sasaran empuk bagi para sindikat narkoba adalah mereka yang menduduki usia produktif yang merupakan generasi emas penerus perjuangan bangsa. Dan Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang cukup rentan akan kasus ini.


"Di tahun 2023, Provinsi Jawa Timur merupakan pengungkapan kasus narkoba terbesar ada 1.900 kasus. Kemudian di tahun 2024 dari Januari sampai dengan Juni kemarin ada 2.600 kasus yang sudah terungkap," ujar Kapolda Jatim Irjen. Pol. Imam Sugianto.


Pihak kepolisian gencar melakukan sosialisasi terkait dengan bagaimana cara memperkuat daya cegah dan daya tangkal, terutama di lingkungan kampus maupun sekolah. Karenanya melalui road show ini sebagai salah satu upaya besar dalam menekan peredaran narkoba harus melibatkan semua kelompok kerja kolaboratif di Jawa Timur.


Sementara itu, Rektor Umsida Dr. Hidayatulloh M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergitas dan kolaborasi antara Polda Jatim dengan Umsida untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.


“Kami sangat bangga berkesempatan menjadi tuan rumah kegiatan Road Show Generasi Emas Produktif Tanpa Narkoba Polda Jawa Timur. Narkoba adalah musuh yang harus kita perangi bersama-sama. Masa depan Bangsa Indonesia, ada di pundak adik-adik yang saat ini berstatus sebagai pelajar atau generasi emas kita. Indonesia akan maju jika memiliki generasi yang sangat kuat,” jelasnya.