Anggota Polresta Sidoarjo dan Masyarakat Sekitar Mako, Rayakan Hari Suci Bulan Tilem di Pura Kertha Bumi

Anggota Polresta Sidoarjo dan Masyarakat Sekitar Mako, Rayakan Hari Suci Bulan Tilem di Pura Kertha Bumi



Sebanyak 40 anggota Polresta Sidoarjo dan masyarakat sekitar Mako yang beragama Hindu berkumpul di Pura Kertha Bumi Polresta Sidoarjo pada hari Minggu, 12/11/2023, untuk merayakan hari suci bulan Tilem. Kegiatan persembahyangan dimulai pukul 07.00 WIB dan dipimpin oleh Pinandite I Gusti Agung Mertayasa.


"Hari Tilem, yang merupakan momen suci bagi umat Hindu, dirayakan sebagai bentuk pengabdian dan permohonan berkah serta karunia dari Hyang Widhi", pungkas I Gede Budayasa, serta Perayaan Tilem ini terjadi setiap malam saat bulan dalam fase mati (Krsna Paksa), dan memiliki makna mendalam sebagai manifestasi dari Hyang Widhi yang berfungsi sebagai pelebur segala kekotoran (mala).


Iptu I Gede Budayasa, yang bertugas sebagai pengurus pura, menjelaskan pentingnya hari Tilem dalam kepercayaan Hindu dan mengapresiasi partisipasi anggota Polresta Sidoarjo beserta masyarakat sekitar Mako dalam merayakan tradisi keagamaan ini. Kegiatan ini merupakan contoh nyata harmoni antara Kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keragaman keagamaan di wilayah Polresta Sidoarjo.